Rabu, 23 Februari 2011

Hati-Hati Memilih Bracket Gigi

Bracket gigi? Istilah ini mungkin agak asing terdengar karena biasanya orang menyebutnya behel. Bracket gigi adalah bagian yang berbentuk persegi dan direkatkan ke gigi dengan lem tertentu. Bracket inilah yang nantinya akan menggerakkan gigi ke posisi yang diinginkan. Ditambah dengan kawat dan karet, bracket ini akan bisa menarik,mendorong,memutar,menaikkan dan menurunkan posisi gigi.Kualitas suatu bracket tentu menentukan keberhasilan perawatan kawat gigi seorang pasien.

Namun, belakangan banyak sekali promo penjualan bracket melalui e-mail salah satunya. Pernah ada e-mail yang menjual (1 paket) bracket gigi dengan harga bervariasi dari yang paling murah hingga mahal tetapi tidak mencantukan merek produk dan asal produk tersebut. Selain itu, mereka juga memberikan rekomendasi beberapa nama, yang kata mereka dokter gigi, yang mau memasangkan bracket tersebut dengan biaya murah. Padahal jika dilihat dari tarif yang mereka tawarkan sangat tidak masuk akal jika benar yang mereka rekomendasikan itu dokter gigi sungguhan.

Sebetulnya tidak salah jika ada yang menjual bracket gigi melalui media apapun, asalkan jelas spesifikasi, nama dan asal produk tersebut. Apalagi produk yang dijual bukan produk umum yang orang awam mengerti. Merek dan asal produk tersebut penting karena belakangan banyak sekali bracket produksi salah satu negara di Asia yang harganya sangat murah tetapi kualitasnya tentu sebanding dengan harganya. Dan dokter gigi biasanya tidak menggunakan produk tersebut, jadi jika ada yang mengiklankan seperti diatas, patut dipertanyakan.

Apa bahaya produk tersebut? Sebagai contoh bracket logam, kandungan logam di bracket gigi tidak boleh mengandung Nikel. Nikel yang ada didalam tubuh dapat memicu kanker. Bracket yang telah dipasang ke gigi sudah pasti terkena air liur,kita tidak tahu apa ada material logam dari bracket yang ikut terlarut dan tertelan bersama air liur. Jika yang terlarut dan tertelan itu Nikel?

Jadi, hati-hatilah dalam memilih dan bracket gigi. Kalau ragu atau tidak mengerti seperti apa bracket yang mesti dipilih, lebih baik langsung ke dokter gigi dan minta dipasangkan bracket gigi pilihan dokter gigi tersebut. Mungkin dari biaya akan lebih mahal dari produk yang ditawarkan tersebut tetapi pasti lebih terjamin kualitasnya.Jangan hanya tergiur dengan harga yang murah karena pasti kualitas suatu produk sebanding dengan harganya kan?

Have a healthy tooth



http://forum.detik.com/hati-hati-memilih-bracket-gigi-t216297.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar